Tetaplah Tersenyum Meski Hatimu Terluka, Walau Tak Bisa Menghapus Kesedihanmu Setidaknya Bernilai Pahala

Berikan senyuman meski kepada saudara yang tidak kamu kenal saat berpapasan. Tersenyum bukan hanya karena semata-mata ingin mendapatkan pahal tapi menebar kebahagiaan kepada orang lain. Saat kamu tersenyum orang lain otomatis akan merasa damai. Meski tidak bisa membuat orang lain bahagia setidaknya dengan berwajah ceria tidak menambah kesedihan bagi orang lain. Tersenyum kepada orang lain memberi manfaat yang tidak kamu sadar, maka terbarkan kebaikan meski hanya lewat senyuman. 

1. Kesedihan Cukup Kamu yang Merasakannya, Tidak Perlu Menyumbarnya

Alasan kenapa kamu harus selalu tersenyum adalah karena semua orang juga mengalami hal-hal menyedihkan. Semua orang juga mengalami hal-hal yang mengecewakan sehingga cukup berbagai tentang kebahagiaan saja dan jangan menambah bebannya. Bahkan jika itu kesedihan biarkan dirimu saja yang merasakannya. Jika pun harus berbagi hanya kepada orang-orang yang kamu percaya dan terdekat saja. 

2. Kamu Tidak Pernah Tahu Apa yang  Sedang Orang Lain Alami


Jika kamu cemberut dan memasang wajah sedih bisa jadi membuat orang lain juga sedih. Sedangkan kamu tidak mengetahui apa yang sedang terjadi kepada orang lain. Bisa jadi mereka sedang mengalami sesuatu yang menyakitkan bahkan melebihi kesedihanmu. Maka cukuplah tersenyum meski sebenarnya hatimu terluka agar tidak menambah beban mereka. 

3. Senyuman Mampu Memberi Kedamaian Baik Bagi Dirimu Sendiri dan yang Melihatnya

Meski terlihat sepele namun senyuman itu mampu memberi kedamaian. Merasa mampu melewati kesedihan, tak hanya itu,  mereka yang melihatpun juga merasa damai. Meski merasa sedih mereka terhibur dengan senyum orang lain yang diberikan kepadanya. 

4. Berikan Kebaikan Meski Dengan Senyuman


Jangan menyepelekan hal-hal sepele dan sederhana. Justru terkadang hal-hal sepele itu berdampak besar bagi kehidupan seseorang. Maka teruslah menebar kebaikan meski se sederhana senyuman. Karena senyuman bernilai pahala dan sedekah sehingga teruslah tersenyum meski hatimu sedang tidak baik-baik saja. 

5.  Senyuman Itu Mampu Menguatkan Bahkan Meyakinkan Diri Sendiri Bahwa Semua Akan Baik-baik saja


Senyuman tulus yang kamu berikan atau yang kamu dapatkan bisa menguatkanmu.  Saat sedih sekalipun jika kamu berusaha untuk tersenyum maka setelahnya kamu akan merasa lebih kuat. Karena senyumannu menandakan bahwa kamu siap melewati kesedihan apapun meski sebenarnya kamu tidak mampu dan harus meneteskan air mata. Namun dengan tersenyun kamu sedanf meyakinkan dirimu sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *