Tak Ada yang Buruk Jika Sudah Allah Tetapkan, Kita yang Terburu-buru Berburuk Sangka Hanya Karena Tak Sesuai Harapan

Mungkin karena pengetahuan kita terbatas, hati kita kurang luas sehingga apapun yang tidak sesuai harapan dianggap keburukan. Bersedih, kecewa bahkan menangis karena menyangka Allah tidak menyayangi kita. Kita sedih karena inginan kita tidak sesuai harapan. Padahal kita yang terlalu buru-buru menafsirkan, kita terlalu buru-buru berprasangka buruk kepada Allah. Sedangkan kita tidak pernah tahu hikmah apa yang sudah Allah siapkan. Kita hanya terpaku pada kesedihan, kita hanya terpaku pada keinginan, tanpa perpikir kebaikan apa yang sudah Allah persiapkan. Keburukan apa yang sudah Allah jauhkan sehingga kenginan kita digagalkan. 

1. Kita Lupa Kalau Allah yang Paling Mengerti Kebutuhan Kita 

Kita sok tahu, semua keinginan kita dianggap baik, semua keinginan kita pasti buat kita bahagia. Nyatanya semua itu hanya versi kita saja, karena sebenarnya kita tidak mengetahui apa yang terbaik untuk kita.  Kita tidak benar-benar tahu apa kebutuhan kita, disitulah peran Allah menggalkan keinginan kita semata-mata ingin menjaga kita. Allah begitu sayang hingga menjauhkanmu dari keinginanmu. Semua itu bentuk perlindungan Allah, hanya saja terlihat buruk secara kasat mata. Padahal keinginanmu tidak baik sehingga Allah gagalkan. 

2. Kita Belum Tahu Akhirnya Akan Seperti Apa, Tapi Selalu Berburuk Sangka

Intinya apapun yang tidak sesuai keinginan dianggap menyedihkan. Apapun yang tidak sesuai harapan selalu membuatmu merana. Itulah kita sebagai manusia, tidak tahu akhirnya akan seperti apa namun selalu berburuk sangka. Padahal bisa jadi Allah gagalkan rencana kita karena akan diganti dengan hal yang lebih baik nantinya. Mungkin untuk sampai pada kebaikan itu kita harus menggadaikan keinginan kita. Kita harus kecewa dulu untuk mendapatkan sesuatu yang berharga. 

3. Kita Tidak Tahu Hikmah Apa yang Sedang Allah Rahasiakan

Sudahi berburuk sangka, mulai saat ini latihlah hati kita, pikiran kita untuk terus berbaik sangka kepada Allah. Tidak mudah namun jika tidak dilatih maka akan sulit untuk mendapatkannya. Tiap ada hal yang tidak sesuai harapan, tanamkan dalam hati kita bahwa Allah akan memberikan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita harapkan. Berusaha untuk tetap tenang meski kenyataannya tidak sesuai harapan. Tak mengapa, yakinkan hati kita bahwa Allah tidak pernah salah dalam memberikan apapun. 

4. Tak Ada Pilihan Selain Bersabar dan Merima Kehidupan Dengan Lapang

Mau bersedih berkepanjangan kita tidak akan menemukan kebahagiaan dan kebaikan. Yang ada hidup kita akan semakin rumit dan menyedihkan. Oleh karena itu tak ada pilihan selain bersabar dan harus bisa menerima kehidupan. Tak ada pilihan selain terus berprasangka baik kepada yang Maha Baik. Jalani saja, biarkan Allah yang memberikan kehidupan lebih indah nantinya. Tugs kita hanya bersabar dan selalu menerima kehidupan sebaik mungkin. 

5. Pasti Ada Kabikan yang Bisa Kita Ambil, Jika Bukan di Dunia Pasti di Akhirat Nantinya 

Tidak ada yang sia-sia, semua yang terjadi pasti menyimpan kebaikan. Jika bersabar maka kita akan mendapatkan pahala. Jika dirasa kebaikan tidak kunjung datang di dunia maka pasti Allah balas di Akhirat nantinya. Teruslah bersabar, bukankah dunia hanya permainan dan akhiratlah yang kekal. Jadikan semua kesabaran sebagai bekal di akhirat nanti. Maka sekalipun dirasa tidak mendapatkan kebaikan di dunia hati akan tetap terjaga. Yakini saja bahwa yang Allah tetapkan pasti menyimpan kebaikan. Tak perlu berprasangka buruk hanya karena tidak sesuai harapan. Suatu saat nanti pasti bersyukur atas semua keburukan yang terjadi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *