Sudah Berada Difase Berusaha Semaksimal Mungkin, Kalau Gak Sesuai Harapan Lagi Biar Allah yang Mengganti

Semakin dewasa semakin disadarkan oleh keadaan yang mana kita dituntut bisa  menerima hal baik dan hal pahit sekaligus, meski menyakitkan kita harus terima dengan baik. Semakin kesini semakin membiarkan hidup mengalir apa adanya, tidak mau terlalu memaksa dan tidak mau terlalu berekspektasi terlalu tinggi terhadap apapun juga. Sekarang sudah berada difase berusaha semaksimal mungkin, berdoa dengan sungguh-sungguh, jika akhirnya tidak sesuai harapan tidak masalah pasti diberi balasan diluar dugaan. Meski tidak sesuai harapan tidak semestinya bersedih, karena hasil itu tidak pernah mengkhianati usaha. Jika tidak sesuai hari ini pasti dibalas esok atau nanti. Cukup berusaha dan berdoa, selebihyha biar takdir yang berbicara. 

1. Kalau Ikhlas Akan Sesuatu, Pasti Allah Ganti Dengan yang Lebih Baik Lagi

Jangan bersedih ketika doa yang selama ini kita panjatkan tidak sesuai harapan. Usahakan untuk tetap tersnyum meski tidak sesuai, karena bisa jadi doa kita Allah tahan sebentar untuk dikasih diwaktu dan keadaan yang tepat. Tetap berprasangka baik, karena itulah awal kebahagiaan, bahkan semua berawal dari pikiran. Jika pikiran kita baik, positif maka dampaknya akan baik dan positif juga. Intinya tetap berprasangka baik, meski saat ini tidak sesuai siapa tahu nantinya Allah akan memberi sesuatu diluar dugaan bahkan melebihi yang diharapkan. Karena Allah selalu memiliki cara untuk membalas kebaikan. Jika tidak sesuai biar Allah yang memberi ganti dan tentu gantinya pasti lebih baik. 

2. Mungkin Gantinya Tidak Sesuai Harapan, Tapi Pasti Sesuai Kebutuhan

Semisal kita sangat menginginkan hal tersebut tapi ternyata tidak bisa kita miliki. Atau kita sudab berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkankannya tapi ternyata tidak membuahkan hasil apa-apa. Tenang saja, tak ada yang sia-sia, semua usaha, doa dan kerja keras pasti Allah balas. Mungkin bukan dengan cara yang kita inginkan tapi cara Allah pasti mengagumkan. Cara Allah pasti membuat kita tidak menyangka, ternyata inilah alasan kenapa Allah gagalkan. Pada akhirnya kita akan merasa bahagia karena yang Allah kasih jauh melebihi apa yang kita usahakan. Yang Allah kasih jauh melebihi apa yang kita doakan, bahkan akan merasa kita tidak pantas mendapatkannya. 

3. Nyessek Saat Kehilangan Itu Pasti, Tapi Sadarlah Bahwa yang Hilang Akan Diganti 

Tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, kehilangan sesuatu yang sangat kita cintai memang sulit diterima bahkan akan sangat lama untuk merasa ikhlas. Tapi ketika nanti Allah sudah memberi ganti maka hati kita akan merasakan bahwa pengganti dari Allah adalah apa yang kita inginkan. Kita akan mengerti inilah alasan kenapa Allah mengambil dan menjauhkan. Ternyata semua yang terjadi memiliki alasan yang baik meski awalnya menyakitkan. Pada akhirnya semua hal yang menyakitkan akan sembuh bahkan akan berganti dengan kebahagiaan. Tetap percaya bahwa Allah akan memberi ganti yang luar biasa, jadi jangan pernah berburuk sangka.  

4. Bahkan Sebenarnya Kita Gak Kehilangan, Hanya Ditukar Sama yang Lebih Baik 

Ketika kehilangan atau tidak mendapatkan keinginan awalnya memang sedih. Tapi semakin lama justru akan sadar bahwa yang tidak kita dapatkan memang tidak baik bahkan bukan yang kita butuhkan. Suatu saat nanti kita akan tersenyum dan bersyukur sudah kehilangan dan tidak mendapatkannya. Karena yang Allah kasih adalah sebaik-baiknya pengganti dan hasil dari kesabaran serta usaha juga doa-doa yang selama ini dikerahkan secara maksimal. Jika dipikir-pikir sebenarnya kita tidak pernah kehilangan sesuatu, hanya saja untuk mendapatkan sesuatu harus ada yang diambil agar yang baru memiliki tempat. 

5. Cukup Berusaha Semaksimal Mungkin, Kalau Tidak Sesuai Harapan Allah Pasti Ganti Dengan Cara yang Lain

Biar hidup lebih tenang kita harus menjalaninya dengan santai. Kalau sesuai harapan ya Alhamdulillah, kalau tidak sesuai artinya harus bersabar lagi, karena nanti pasti Allah ganti. Mungkin sedikit lama, tapi yang pasti semua yang kita lakukan tidak pernah ada yang sia-sia. Apapun yang kita upayakan pasti akan diberi imbalan, hanya saja butuh waktu, entah sebentar atau pun lama. Tapi semakin lama kita dibuat menunggu biasanga hasilnya akan semakin membuat kita bersyukur karena ssmakin lama akan semakin menakjubkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *