Sebelum Curhat Sama Orang Lain Biasakan Curhat Sama Allah Dulu, Biar Hatimu Tenang dan Masalahmu Lebih Aman

Apapun masalahmu, apapun rahasiamu nyatanya lebih aman kalau dicurhatin sama Allah dulu dari pada ke sesama manusia. Bukan tidak percaya sama orang lain, tapi lebih kepada mengandalkan Allah dalam hal apapun. Juga yang paling penting adalah mendahulukan Allah dari pada manusia. Maka tumpahkan semua keluh kesahmu, biarkan Allah yang menjadi tempat curhat pertamamu. 

Disamping itu, cerita masalah atau rahasia sama orang lain emang rentan disebarin. Sehingga bukan menemukan solusi, yang ada justru masalahnya semakin rumit jika diceritakan kepada manusia. Atau jika butuh seseorang yang bisa mendengarkanmu, kamu harus menemukan seseorang yang benar-benar bisa menjaga, bisa dipercaya dan tidak membuatmu kecewa.
Inilah alasan kenapa harus menjadikan Allah sebagai tempat ternyaman saat curhat.

1. Rahasia Apapun Gak Bakal Bocor

Biasakan untuk menceritakan apapun yang ada dihatimu, dibenakmu bahkan semua keluh kesahmu kepada Allah sebelum diceritakan kepada manusia.  Curhat sama Allah hatu bakal lebih tenang, karena rahasiamu aman. 
Dijamin rahasiamu tidak akan tersebar karena kamu langsung menceritakan kepada Allah sang maha menjaga. Sehingga tidak perlu khawatir sewaktu-waktu rahasiamu terbongkar dan tidak perlu takut ada yang mengecewakanmu karena tidak bisa menjaga rahasiamu. 

2. Tidak Akan Menambah Masalah

Cerita sama orang lain cenderung dilebih-lebihkan, semakin ditambah dan diceritakan kembali kepada orang lain. Sehingga masalahnya semakin bertambah karena akan semakin banyak yang tahu, sehingga kamu akan semakin terganggu. 
Masalah yang awalnya tidak terbongkar justru semakin menyebar dan membuat keadaanmu semakin sulit. Ada perasaan kecewa dan kesal karena kamu pun tidak bisa menghentikan rumor yang semakin beredar. 

3. Tidak Ada Kesempatan Buat Orang Lain Untuk Memperkeruh Keadaan 

Tidak semua orang menyayangimu, banyak dari mereka yang tidak suka dan ingin semakin menjatuhkanmu. Bagi mereka yang tidak menyukaimu pasti bakal merasa senang dengan keadaanmu. Dan mereka mengambil kesempatan untuk semakin menjatuhkanmu. Maka curahkan semua masalahmu kepada Allah dan seseorang yang bisa kamu percaya sepenuhnya. 

Jangan memberi celah kepada mereka yang ingin memperkeruh suasana. Ketahuilah bahwa yang terlihat peduli juga tidak bisa dipercaya sepenuhnya.  Banyak yang bertopeng berada disekelilingmu bahkan begitu dekat denganmu. Jika dia memiliki kesempatan, dia akan membuatmu semakin tertimpa dengan berbagai kesedihan. 

4. Hatimu Jauh Lebih Tenang 

Jika curhat sama orang lain bisa membuat hatimu tenang.  Maka curhat sama Allah hatimu akan jauh lebih tenang. Karena disamping itu kamu benar-benar meminta petunjuk, pertolongan dan solusi kepada Allah.  Saat kamu percaya Allah akan menjaga rahasimu, yakin Allah akan memberi solusi dari masalah-malsahmu. Maka saat itu juga hatimu akan jauh lebih tenang, keadaan bisa dikendalikan dan tidak ada campur tangan orang-orang yang mau memperumit keadaan. 

5. Jika Pun Harus Curhat, Carilah Orang yang Tepat

Jangan sembarang membagi masalahmu dan rahasiamu. Jika harus curhat sama orang lain, maka pastikan dia orang yang bisa dipercaya dan biaa memegang amanah untuk tidak menceirtakan kepada siapapun.  Jangan sembarangan menceritakan keluh kesahmu. Karena tidak semua orang benar-benar tulus dan bisa dipercaya. 
Sangat sedikit yang benar-benar bisa dipercaya, selebihnya hanya penasaran bahkan seneng melihatmu menderita. Hatimu pasti bisa menilai, siapa yang pantas mendapatkan kepercayaan itu. 

6. Hanya Allah yang Mampu Menolong 

Orang lain mungkin bisa membantumu, tapi yang membuat orang lain membantu tak lain karena Allah menggerakkan hatinya.  Maka dari itu cukup Allah jadikan tempat curhat ternyaman dan memintamu pertolongan. Sehingga cukuplah Allah sebagai sebaik-baiknya pendengar.  Ceritakan semua hal yang membuat hatimu sesak dan pikiranmu ingin meledak.

Menangislah dihadapan-Nya, agar hatimu lebih lega dan tidak ada hal yang mengikatmu lagi. Mulai sekarang, biasakan curhatnya sama Allah dulu sebelum curhat kepada sesama manusia. Lambat laun, kamu akan mendapatkan ketenangan luar biasa dari kebiasaan yang mungkin terlihat sepele ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *