Sabar Ya Semua Ada Waktunya Bukan Waktu Kita Tapi Waktu Allah, Jadi Tunggu Saja

Sabar itu mudah diucapkan dan sangat sulit diaplikasikan terutama dikehidupan sehari-hari. Tapi sesulit apapun jika terus dilatih akhirnya sedikit demi sedikit pasti bisa. Tidak apa-apa sulit tetap belajar untuk terus bersabar adalah hal yang luar biasa yang bisa kamu lakukan. Kamu sudah menguapayakan yang terbaik maka jangan berhenti untuk melatih diri agar mencapai puncak kesabaran. Adakalanya doa yang kamu minta memang tidak kunjung Allah kabulkan, terkadang hal-hal yang diinginkan tidak kamu dapatkan bahkan apa yang kamu uapacayakan dengan maksimal justru jauh dari harapan. Tak mengapa, terima pahit dan kecewanya karena semua itu proses dan hal yang tidak bisa dihindari dari kehidupan. 

1. Katakan Kepada Dirimu Bahwa Tidak Semua Hal Tidak Harus Kamu Dapatkan

Nyatanya berbicara sama diri sendiri itu perlu, karena terkadang motivasi terbesar itu justru lahir dari dalam diri sendiri. Maka dari itu selalu katakan kepada diri sendiri bahwa kamu berbeda dari siapapun jadi tidak perlu membandingkan diri dalam hal apapun juga, jika sekiranya hanya membuatmu tidak percaya diri. Semua orang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, jangan hanya melihat kelebihan orang lain, tak perlu melihat kesuksesan orang lain sebab dibalik kesuksesan itu ada banyak hal yang ia lewati bahkan ia korbankan. Dan satu hal yang harus ditekankan kepada diri sendiri bahwa semua keinginan belum tentu didapatkan, cukup usaha dan berdoa masalah mendapatkan atau tidak pasrahkan.

2. Selalu Ingatkan Ke Diri Sendiri Bahwa Semua Permintaan Tidak Dikabulkan Secara Bersamaan

Allah itu maha kaya, maha pengasih, maha memberi, jadi mintalah semua yang kamu inginkan tapi ingat semua itu tidak Allah kabulkan dalam waktu yang bersamaan. Pasti ada jeda dan waktunya masing-masing. Ada yang dikabulkan dalam waktu sebentar ada yang sedang bahkan ada yang sangat lama. Atau tidak Allah kabulkan tapi Allah ganti dengan yang lebih baik dan tentu sesuai dengan yang dibutuhkan. Bisa jadi tidak Allah kabulkan karena bukan itu yang kamu butuhkan, hanya saja kita terlalu melihat keinginan dan menganggap itu baik. Sehingga kecewa jika yang didapat tidak sesuai keinginan. Padahal terkadang yang kita anggap baik justru buruk buat kita. 

3. Sadarlah Bahwa Tidak Semua Keinginan dan Permintaan Baik Buat Dirimu

Dengan tidak mendapatkan apa yang kita inginkan nyatanya Allah mengirim pesan bahwa hal tersebut tidak baik buat kita. Namun yang namanya manusia terkasang masih ngeluh dan menganggap kenapa Allah tidak sayang dan lain sebagainya. Padahal Allah jauhkan dan tidak mengabulkan permintaan kita hanya karena hal tersebut buruk dan tidak baik buat kita. Jadi mari kita belajar dari banyak hal yang terjadi di kehidupan, cukup terima dan percaya kalau sudah terjadi pasti yang terbaik. Kalaupun buruk Allah ingin menjadikan kita lebih baik dan belajar dari hal-hal buruk tersebut. 

4. Jadi Belajarlah Untuk Bersabar dan Percaya Bahwa yang Allah Kasih Adalah yang Terbaik

Meski bentuknya bukan seperti yang kita inginkan, tapi yakini bahwa yang Allah kasih ada sebaik-baiknya hidup. Bukan cuma kamu, tapi semua orang juga merasakan hal yang sama, sama-sama merasakan kegagalan, pahitnya kehidupan, kekecewaan. Maka tak ada lain kecuali bersabar dan menunggu giliran. Sembari terus berbuat baik, semakin memperbaiki diri jangan putus untuk berdoa karena itulah yang terus menguatkan hati sehingga diberi kesabaran yang luar biasa. 

5.  Tak Masalah Orang Lain Lebih Dulu, Kamu Sama Sekali Bukan Terlambat Hanya Saja Belum Waktunya

Melihat orang lain rasanya sudah memiki keluarga bahagia,  kehidupan yang baik, sudah sukses dan lain sebagainya terkadang memang membuat hati dan pikiran bergejolak. Sedangkan diri sendiri jauh dari itu, masih dalam kesendirian dan belum memiliki kehidupan yang mapan. Tapi ketahuilah setiap orang memiliki waktu yang berbeda baik dalam bertemu jodohnya, mencapai karirnya atau dalam hal apapun itu. Jadi lebih baik lakukan apapun saat ini dengan sepenuhnya dan lakukan yang terbaik. Tidak perlu melihat dan membandingkan kehidupan dengan orang lain, syukuri, terus berdoa, susun rencana, teruslah meminta kepada Allah, tingkatkan ketaqwaan. Maka lihat bagaimana cara Allah memberimu keberuntungan secara bergantian. Tetap semangat, jangan menyerah, semua butuh waktu, butuh proses, semua ada waktunya tentu bukan waktu sesuai dengan keinginan kita tapi waktu terbaik menurut Allah. Jadi tunggu saja hadiah terbaik dari-Nya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *