Saat Menggantungkan Semua Harapan Kepada Allah, Maka Hati Akan Terasa Lebih Ringan Untuk Menerima Kenyataan

Saat kenyataan tidak sesuai dengan harapan pasti akan merasakan kekecewaan. Akan tetapi hati akan terasa lebih ringan jika semua usaha dan doa-doa diserahkan hanya kepada Allah semata. Ringan menerima kenyataan bukan berarti tidak kecewa dengan keadaan, tapi bedanya,  entah memiliki kekuatan dari mana hati terasa ringan untuk menerima dan memiliki kepercayaan bahwa semua akan baik-baik saja. Karena sekuat apapun berusaha dan berdoa tetap Allah yang menentukan hasilnya. Sehingga gantungkan semua harapan, semua keinginan hanya kepada Allah saja agar hati lebih mudah untuk menerima bagaimanapun keadannya. 

1. Manusia Hanya Bisa Berusaha, Allah yang Menentukan Hasilnya


Tak peduli sekeras apapun usahamu tidak akan membuahkan hasil yang kamu inginkan jika Allah tidak menghendaki. Maka latih diri sendiri untuk berusaha semaksimal mungkin namun bagaimanapun hasilnya nanti biar Allah yang menentukan. Yakin apapun hasilnya adalah yang terbaik dan sesuai usaha yang kamu lakukan bahkan melebihinya. 

2. Wilayah Manusia Sebatas Berdoa,  Allah yang Memilih Layak Tidaknya


Wilayah manusia hanya sebatas berdoa dan berusaha. Masalah hasil sama sekali bukan urusan manusia. Maka apapun yang kamu inginkan silahkan meminta dan berdoa, namun ingat hanya Allah yang bisa menentukan apakah doamu layak dikabulkan atau diganti dengan yang lebih baik. Karena tak ada doa yang tidak layak, yang ada hanya diganti dengan sesuatu yang jauh lebih baik.
 
3. Sekeras Apapun Ingin Memberontak Kenyataan, Tetap Tidak Akan Merubah Keadaan

Tak ada gunanya menolak takdir Allah, semakin menolak maka akan semakin tersakiti oleh sikapanya sendiri. Meski berusaha keras sekalipun untuk mengutuk kenyataan nyatanya tidak bisa merubah keadaan. 

4. Tak Ada Pilihan Kecuali Harus Menerima Keyataan

Mau tidak mau, siap tidak siap harus bisa menerima kenyataan. Mau menolak sekalipun tidak akan merubah apapun justru akan semakin memperburuk keadaan bahkan sengaja menyakiti diri sendiri. Maka tak ada pilihan lain kecali harus berdamai dengan keadaan dan sadar bahwa kenyataan tidak bisa ditentang.

5. Selamatkan Diri Dengan Menggantungkan Semuanya Hanya Kepada Allah


Maka satu-satunya cara agar hidup lebih tenang dan bahagia adalah menggantungkan semuanya hanya kepada Allah. Dalam hal apapun jangan pernah berharap kepada manusia, dengan begitu apapun masalahnya, bagaimanapun hasilnya hati begitu ringan untuk menerima. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *