Ketika Kamu Mengira Gagal Tapi Ternyata Allah Punya Rencana Lain yang Jauh Lebih Indah

Segala sesuatu yang tidak sesuai harapan pasti menimbulkan kekecewaan dan kesedihan. Semua orang pasti berat menerima kenyataan ketika harapannya jauh dari jangkauan. Apalagi ketika sudah direncanakan dengan matang dan dengan usaha yang luar biasa tentu akan menangis saat mengetahui usahanya gagal. Hal ini wajar, karena sebagai manusia pasti menginginkan semua hal sesuai keinginan. Namun rumus kehidupan tidak demikian, kita yang berencana tetap Allah yang menentukan. Sebaik apapun rencana yang sudah kita susun, jika Allah tidak meridhoi pasti tidak akan pernah terjadi. 

1. Gagal Menurutmu Tapi Tidak Menurut Allah

Manusia memiliki keterbatasan, kita tidak bisa mengetahui mana yang baik untuk diri kita sendiri. Kita hanya berusaha dan berencana, selebihnya Allah yang menentukan hasilnya. Disinilah letak keikhlasan dan penerimaan terhadap takdir Allah yang sudah ditentukan. Agar tidak terlalu kecewa, hendaknya kita selalu mengingat bahwa apapun yang menurut kita gagal justru baik buat kita. Karena terkadang Allah menggagalkan rencana kita hanya ingin menyelematkan dari keburukan yang tidak kita ketahui. Maka dari itu teruslah berprasangka baik meski kegagalan yang kita terima. 

2. Kamu Menangis Atas Kegagalanmu, Tapi Nyatanya Ada Kebahagiaan Setelah Itu

Menangis karena kegagalan itu wajar, namun kita tidak boleh larut dalam kegagalan itu. Kita harus kembali bangkit dan yakin bahwa dibalik kegagalan akan ada hal indah dan bahagia yang menanti. Percayalah, yakinkan diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Bahkan tangis yang pecah akan berganti dengan senyum yang indah. Karena Allah tidak sengaja memberi kegagalan, Allah hanya ingin kita lebih bersabar mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari yang kita inginkan. 

3. Yang Tampak Buruk tak Selamanya Buruk, Bisa Jadi Justru Mendatangkan Kebaikan 

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Kita berprasangka baik saja, mungkin jika yang kita inginkan terjadi akan ada keburukan. Dengan digagalkan, bisa jasi Allah hanya ingin menyelamatkan. Mungkin caranya terlihat buruk, tapi percayalah dibalik semua itu pasti akan ada kebaikan dan hikmahnya. Tinggal bagaimana kita menerima dengan baik, berprasangka baik agar tidak diliputi kesedihan dan menganggap Allah itu tidak sayang. Cepat atau lambat, Allah pasti akan menampakkan kebaikan dan itu buah dari kesabaran karena sudah menerima kegagalan dengan lapang. 

 4 . Jangan Ngeluh Allah Punya Rencana Lain yang Lebih Indah Dari Itu

Sabar ya, sedih gak apa-apa, menangis juga tidak masalah. Akui bahwa kita hanya manusia biasa yang tidak bisa melawan takdir. Kita tidak bisa mewujudkan semua keinginan kita. Sebaik apapun rencananya, pasti Allah yang menentukan hasilnya. Sejauh apapun melangkah jika itu tidak baik maka pasti Allah akan membawamu kembali. Sedih memang jika mengingat usaha yang sudah dilakukan. Tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa selain menerima keadaan. 

5. Kelak Pasti Akan Bersyukur Setelah Tahu Alasan Kenapa Allah Menggagalkan

Meski tidak semua hal harus ada jawabannya, akan tetapi kesedihan yang pernah kita terima akan memberikan kebahagiaan dan hal indah dilain waktu. Mungkin tidak cepat atau bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama namun kebaikan yang kita dapatkan membuat kita tersadar bahwa ternyata Allah Maha baik menggagalkan sesuatu yang kita inginkan. Dibalik kegagalan itu Allah memberikan kebaikan yang membuat kita tersenyum dan bersyukur atas kegagalan dimasa lalu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *