Berhenti Membandingkan Diri, Karena Semua Orang Diciptakan Berbeda dan Memiliki Garis Takdir yang Tidak Sama

Seringkali perasaan membandingkan diri datang menghantui. Merasa diri belum seperti orang lain yang mungkin sudah sukses, sudah memiliki kehidupan yang baik dan memiliki fisik yang sempurna. Ada juga mereka yang sudah menikah kehidupannya terlihat bahagia, sedangkan diri masih begini-begini saja. Jauh dari kata sukses, belum memiliki pasangan, tidak secantik atau setampan orang lain. 

Padahal semua diciptakan dengan sebaik-baiknya dan sudah ditetapkan setiap garis takdirnya. Sehingga harus mensyukuri apapun yang sudah Allah berikan tanpa mengeluh. Semua memiliki takdir masing-masing dan waktu yang berbeda maka hilangkan membandingkan diri agar hidupmu lebih bahagia.

Ini alasan kenapa kamu tidak boleh membandingkan dirimu.

1. Kamu Diciptakan Berbeda 


Ingatlah bahwa kamu tidak pernah diciptakan sama dengan siapapun juga. Kamu adalah kamu dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Maka jangan menyamakan diri dengan siapapun juga. Boleh kagum namun jangan sampai merendahkan dirimu sendiir, justru rasa kagummu harus dijadikan semangat untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Lebih baik syukuri apapun yang ada didalam dirimu, terima semua keburukan dan tingkatkan kelebihan. Karena kamu memiliki kelebihan yang tidak orang lain miliki. 

2. Semua Berjalan Diatas Takdirnya  Masing-masing 

Antara kamu, dia dan semua orang yang ada di dunia memiliki garis takdir yang berbeda. Jika dia lebih dulu bukan berarti dia pememangnya, jika kamu belum sampai bukan berarti kamu kalah. Maka jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain karena waktumu tidak sama dengan mereka. Takdir seseorang itu berbeda, setiap orang berjalan diatas takdirnya masing-masing, maka jangan pernah membandingkan diri agar tidak meratapi kehidupanmu.

3. Jangan Merasa Tersaingi, Setiap Orang Memiliki Waktu yang Berbeda 

Percayalah setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda, jadi tak perlu merasa tersaningi. Jangan bandingkan takdirmu dengan orang lain karena kamu tidak pernah sama dengan manusia manapun. Maka jalani takdirmu sebaik mungkin, jangan mengeluh meski sebenarnya hidupmu begitu rumit. Tetap berusaha kuat meski terkadang merasa lelah dengan semua keadaan.

Berusahalah untuk tidak menyerah bagaimanapun keadaannya. Jangan iri, jangan membandingkan diri. Dirimu berbeda dari manusia manapun maka harus selalu disyukuri. Jika melihat orang lain lebih beruntung lebih baik bersabar tak perlu merasa tersaingi.

4. Membandingkan Diri Hanya Akan Membuatmu Lupa Untuk Bersyukur

Hidupmu tidak akan pernah tenang, jiwamu tidak akan damai bahkan tidak pernah merasakan kebahagiaan jika sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Mulai untuk mensyukuri semua yang ada pada dirimu, apapun yang kamu miliki begitu berharga maka jangan sibuk dengan kehidupan orang lain.

Maka berhentilah membandingkan diri, yakini saja bahwa Allah maha adil bagi setiap hambanya. 
Bagaimanapun bentukmu dan rupamu percayalah semua itu adalah bentuk paling sempurna dari Allah yang maha kuasa. 

5. Syukuri, Jalani dan Terima Apapun yang Sudah Allah Gariskan


Jalani dan terima apapun yang sudah Allah gariskan untukmu, apapun yang terjadi tidak pernah salah. Lebih baik bersyukur karena Allah pasti menuliskan skenario terindah untukmu. 

Jangan selalu melihat orang lain jika itu membuatmu membandingkan dirimu dengan orang lain. Jangan melihat mereka yang lebih segalanya darimu, lihatlah mereka yang jauh lebih kurang beruntung darimu.

Karena pasti banyak diluar sana yang tidak seberuntung kamu, sehingga rasa syukur itu selalu tertanam didalam hatimu.

Berhenti membadingkan dirimu dengan siapapun juga, ketahuilah bahwa setiap orang diciptakan berbeda, untuk apa kamu ingin seperti mereka dan ingin menyamakan diri.

Lebih baik syukuri, apapun yang kamu miliki, bagaimanapun hidupmu berjalan sudah Allah atur sebaik mungkin. Jadi berhenti membandingkan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *