Belajarlah Menerima Pahit Manisnya Kehidupan, Mau Mengeluh Juga Percuma Gak Ada yang Peduli Kecuali Diri Sendiri

Sudah dewasa kan? jadi belajarlah menerima pahit manisnya kehidupan. Mau mengeluh? buat apa karena mengeluh pun percuma gak bakal ada yang peduli sama kehidupan kita. Karena orang lain pun juga sedang mengalami kehidupan yang pahit. Jadi semakin dewasa harus bisa berdamai dengan keadaan yang tidak selalu membahagiakan. Makanan sehari-hari kita sebagai orang dewasa itu tak lain cuma ya sudah, mau gimana lagi, jalani. Mau curhat sana-sini pum tidak akan mengurangi beban yang ada cuma menambah masalah. Apalagi jika curhat sama orang yang tidak bisa dipercaya selain mereka bahagia melihat kita sengsara mereka juga cenderung membocorkan rahasi yang kita punya. 

1. Hal-hal yang Pahit, Menyakitkan dan Mengecewakan Itu Sepaket tidak Bisa Kita Pisahkan Dari Kehidupan

Semua hal dalam kehidupan itu berdampingan dan tidak ada yang sendirian. Jika siang ada matari, dimalam hari ada bulan, ada siang ada malam, ada gelap ada terang dan ada kesedihan juga kebahagiaan yang berkalan secara beriringan.  Sehingga kita tidak bisa hidup dengan kebahagiaan saja, selalu senang tanpa merasa kebahagiaan. Jadi hal pertama yang bida kita lakukan adalah menerima bahwa pahitnya kehidupan adalah hal yang harus kita alami dan rasakan. Sehingga ketika dihadapkan dengan berbagai hal menyakitkan kita bisa bersikap lebih tenang. 

2. Ya Sudah Terima, Semua Rasa Adalah Proses Pendewasaan

Jika tidak pernah jatuh, kita tidak akan pernah tahu bagaimana caranya bangkit. Jika tidak pernah punya masalah bagaimana caranya kita lebih dewasa dan lebih bijak dalam menghadapi kehidupan. Jika tidak pernah sedih, kecewa dan merasa kesakitan, bagaimana caranya bersyukur dengan kebahagiaan yang kita rasakan. Karena kebahagiaan itu terasa lebih sempurna karena adanya kesedihan. Tanpa kesedihan kebahagiaan akan terasa biasa saja, maka dari itu terima dan syukuri perasaan sedih serta bahagia yang kita alami. 

3. Belajar Menerima Kesedihan dan kebahagiaan Dengan Sewajarnya

Sampai kapanpun hidup itu akan selalu dihadapkan dengan kebahagiaan dan kesedihan. Maka mulailah menerima kebahagiaan dengan biasa saja tanpa harus merayakannya dan terima kesedihan dengan sewajarnya agar tidak berlarut-larut dan merasa paling sedih. Semua hanya masalah waktu, serumit apapun kehidupanmu sekarang nanti pasti akan ada saatnya merasakan kebahagiaan. Jadi, belajar untuk biasa saja baik ketika sedih terutama ketika bahagia. 

4. Semua Ada Masanya dan Berjalan Secara Bergantian, Tak Selamanya Kita Berada Dalam Keterpurukan

Percayalah tidak selamanya kita akan berada dalam keterpurukan. Tidak akan selamanya kita berada dalam kesedihan. Ingat bahwa setelah kesedihan pasti ada kebahagiaan, setelah bahagia pasti akan sedih nantinya. Semua berjalan bergantian dan beriringan, jadi tak perlu meratapi satu kejadian dan ingin merayakan kebahagiaan secara meriah. Sudahlah memang lebih baik sewarjnya saja,  cukup berdoa semoga segera membaik dan menemukan kebahagian. Karena tidak selamanya kita berada dalam keterpurukan. 

5. Hiduplah Dengan Penuh Keyakinan, Bahwa Suatu Saat Hidup Kita Pasti Berubah dan Indah

Meski kita tidak tahu kedepannya akan seperti apa, tapi percayalah selalu ada hal baik dibalik kesedihan yang menimpa kita. Meski tidak tahu sampai kapan hal-hal baik dalam kehidupan akan datang tapi tetaplah percaya bahwa suatu saat nanti hidup kita akan berubah dan pasti akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *