Agar Hidup Lebih Bahagia, Cobalah Tetap Bersyukur Dalam Keadaan Terpuruk dan Ketika Hidup Tidak Sesuai Keinginan

Manusia cenderung hanya akan bahagia saat mendapatkan hal-hal yang diinginkan saja, ketika mendapatkan yang tidak diinginkan manusia akan bersedih dan meratapinya. 

Padahal kita juga bisa bahagia meski dalam keadaan tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Bahkan saat kita sedang terpuruk sekalipun kita bisa memilih untuk bahagia.

Maka pilihlah yang membuat kita merasa bahagia dan tenang meski sebenarnya hati sedang bersedih. Buat hati kita tetap bersyukur dalam keadaan yang tidak menyenangkan dan tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Hidup ini akan jauh lebih bahagia jika tetap bersyukur dalam keadaan yang terpuruk dan ketik harapan tidak sesuai dengan keinginan. Percayalah semua yang sudah terjadi itu pasti terbaik, bahkan memiliki alasan-alan baik.

1. Allah Tidak Mengabulkan Karena Allah Ingin Menyelematkanmu


Barangkali yang kamu inginkan tidak baik untukmu sehingga Allah tidak memberi sesuai keinginanmu. Hanya demi menyelamatkanmu dari keburukan, Allah menjauhkanmu dari hal-hal yang kamu inginkan.

Meski terasa menyesakkan, cobalah untuk menerima bahwa apapun yang terjadi memiliki alasan kebaikan. Walau teruasa sulit, tak ada salahnya terus berpasang baik, karena prasangka baik itulah membuat hati merasa tenang dan bisa mendatangkan kebahagiaan.

2. Hanya Allah yang Tahu Mana yang Baik Untukmu


Kita hanya menginginkan sesuatu tanpa tahu apakah hal tersebut baik atau tidak.Sehingga Allah lah memilah dan memilihkan yang baik-baik saja meski bentuknya menurut kita tidak baik.  Yang menurut kita baik belum tentu baik, sehingga Allah patahkan keinginan kita agar demi diselamatkan dari hal-hal yang lebih buruk.

Yang diinginkan memang selalu dianggap baik, padahal kita semua tidak ada yang tahu kedepannya akan seperti apa. Boleh memiliki keinginan apa saja, namun ingat bahwa Allah lah yang menentukan mana yang baik dan tidak. Dan yang terjadi pastilah terbaik meski terkadang tidak sesuai dengan keinginan.

3. Latih Hati Agar Terus Berprasangka Baik


Sulit sekali mendidik hati agar terus berpasangka baik dalam keadaan apapun. Tapi jika tidak dilatih, maka kamu akan merasa berat untuk menerima kehidupan. Bahkan akan tersiksa dengan hal-hal negatif yang mencoba menghancurkan hidupmu.

Teruslah berprasang baik, karena Allah akan memberi sesuatu sesuai dari prasangkamu, maka berbaik sangkalah kepada Allah meski dalam keadaan sedih dan memiliki banyak masalah. 

Katakan kepada diri sendiri bahwa setelah kesedihan dan adanya masalah ini pasti Allah akan memberi kebahagiaan. Jika kehilangan yakini saja bahwa akan diganti dengan yang lebih baik lagi.

4. Yakin Saja yang Terjadi Adalah yang Terbaik 


Percayalah, apapun yang sudah terjadi itu pasti yang terbaik, teruslah memperbaiki diri. Buat dirimu bahagia meski dalam keadaan terluka dengan cara mensyukuri kamu masih bernafas hari ini. 

Bagaimana kondisimu, seburuk apapun jalan yang harus kamu lalui tetaplah berpegang teguh kepada Allah. Yakin saja semua akan indah pada waktunya, meski kamu sendiri tidak pernah tahu akan hal itu.

Tapi jika kamu mampu bertahan, berusaha tidak mengeluh dalam setiap keadaan. Maka bersiaplah mendapatkan hal-hal indah setelah melewati proses kehidupan yang tidak mudah. Cukup percaya dan terus yakin bahwa apapun yang sudah terjadi didalam hidupmu adalah yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *