Ada Beberapa Hal yang Harus Kita Lakukan Jika Ingin Mendapatkan Kebahagiaan dan Ketenangan Hidup

Untuk mendapatkan kebahagiaan kita sendiri yang harus mengupayakan. Kita tidak akan bahagia selama menggantung kebahagiaan itu sendiri kepada orang lain. Kebahagiaan itu letaknya didalam hati kita sendiri. Sehingga kita sendiri yang harus menciptakaan kebahagiaan itu sendiri. Jika ingin bahagia, kita harus melakukan beberapa hal berikut ini. 


1. Penuhi Kewajibanmu 

Sebagai manusia kita harus memenuhi kewajiban kita dan berusaha menjauhi larang-Nya. Usahakan kita senantiasa memenuhi semua kewajiban kita, perkokoh iman kita maka ketenangan dan kebahagiaan akan datang dengan sendirinya. Sebab kesedihan bisa terjadi karena jauh dari Allah, cemas karena terlalu banyak kesalahan dan dosa yang dilakukan. Maka dari itu selalu mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa mengingat Allah. Jangan mengingat Allah hanya pada saat sedih saja. 

2. Jadilah Baik

Untuk menjadi baik kita harus menjadi orang yang memiliki keimanan kuat. Agar ketika tersakiti tidak ada niatan untuk membalasnnya. Karena menjadi baik akan menarik takdir baik juga. Apapun yang kita lakukan itulah yang kita tanam. Jika baik maka kita akan mendapatkan hal baik dan jika buruk kita akan menuai perbuatan buruk kita sendiri. 

3. Bersyukur Apapun dan Bagaimanapun Keadannya

Apapun keadannya kita harus bisa bersyukur, dengan bersyukur meski dalam keadaan tidak baik-baik saja ketenangan itu akan datang secara perlahan. Tanpa kita sadari hati kita akan tenang dan bahagia jika terus bersyukur bahkan dengan keadaan terpuruk dan terburuk sekalipun. 

4. Tidak Usah Ngurusin Hidup Orang Lain

Hidup kita akan damai jika tidak sika ngurusin hidup orang lain. Tidak pernah mau ngomentarin orang lain, tidak suka mencari kehidupan orang lain dan tidak membandingkan hidup kita dengan siapapun juga. Selama itu ada didalam diri kita maka akan sulit untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hidup. 

5.  Fokus Sama Kehidupan Sendiri

Lihatlah kedalam diri kita sendiri, pasti asa banyak kesalahan harus diperbaiki,  pasti ada kekurangan yang harus diterima dengan hati lapang. Hendaknya kita fokus sama kehidupan kita saja tidak perlu melirik hidup orang lain. Terus berbenah agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi tanpa harus menilai kehidupan orang lain. 

6. Terima dan Maafkan Diri Sendiri

Kita pasti pernah melakukan kesalahan, maka dari itu usahakan untuk berdamai dengan diri sendiri. Maafkan diri sendiri, karena penerimaan itulah yang mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan. Teruslah berdamai, tak perlu menyesali kesalahan,  cukup perbaiki dan jangan mengulanginya lagi. 

7. Selalu Berpikir Positif

Buang semua pikiran negatif, karena itulah yang menghalangi kita untuk bahagia dan mendapatkan ketenangan hidup. Cobalah lihat kehidupan dari sisi positifnya saja, karena seburuk apapun hidup kita selalu  ada kebaikan didalamnya. Jika kita fokus pada keburukan itu maka sampai kapanpun kita tidak akan bahagia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *